Berhadiah Rp 90 Juta, Festival Reog dan Jathilan Digelar di Mangunan

BANTUL, KRJOGJA.com – Festival reog dan jathilan akan digelar di Objek Wisata Watu Mabur Desa Mangunan Desa Kecamatan Dlingo Bantul, Minggu (30/6/2019).  Program itu diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Dinas Pariwisata DIY sebagai upaya melestarikan kesenian  berbasis  kerakyatan.  Dipusatkannya festival di destinasi wisata merupakan wujud kongrit pemerintah melakukan promosi objek wisata.  

"Festival ini diikuti 6 group reog dan 6 group jathilan perwakilan dari masing -masing dinas pariwisata kabupaten /kota di DIY dan akan digelar Minggu (30/6/2019)," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo SH kepada wartawan di RM Mangunan Baru Dlingo Bantul, Selasa (25/6/2019). Dalam acara itu juga dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Arya Nugrahadi,  Sekretaris Desa Mangunan Dwi Eko Susanto, Ketua Koperasi Notowono, Purwo Harsono.                              

Dijelaskan, latar belakang digelarnya festival ini ialah, sebagai wujud apresiasi terhadap karya seni tradisi lokal yang populer  di DIY.  Dengan kegiatan itu diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di objek tersebut. "Tidak kalah penting dari festival itu ialah, mendukung pembinaan kesenian tradisional sebagai penopang sektor wisata," ujarnya.
  
Sejumlah aspek penilaian yang dikedepankan dalam festival itu yakni kesesuaian pertunjukkan dengan tema, kreativitas dan keatraktifan pertunjukan.  Singgih mengatakan, even tahunan tersebut merupakan kerjasama dinas pariwisata kota/kabupaten di DIY. Sementara panitia menyediakan hadiah total Rp 90 juta.(Roy) 

BERITA REKOMENDASI