Berita Viral, Alasan Koperasi Mundur Lakukan Pembayaran

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com -Kisruh belum terbayarnya bawang merah milik petani Dusun Nawungan Kalurahan Selopamioro Kapanewon Imogiri hingga kini belum tuntas. Bahkan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul, Yus Warseno mengungkapkan jika mundurnya pembayaran kukurangan Rp 340 juta dikarenakan kasus tersebut viral dimedia massa.

Yus Warseno mengungkapkan, pihak koperasi sebenarnya akan membayar pada Sabtu pekan lalu. Tetapi karena beritanya viral akhirnya koperasi takut dan membatalkan pelunasan. “Berita sumbernya dari satu pihak dan viral maka penyandang dana takut untuk membayarnya pada pekan kemarin. Tetapi pihak koperasi akan kita mediasi dengan petani dan bersedia melunasi Sabtu 14 Agustus pekan ini,” jelasnya.

Kasus tersebut bermula ketika Mei 2021 petani di Dusun Nawungan yang tergabung dalam wadah Kelompok Tani Lestari Mulyo panen raya bawang merah. Kemudian datang pembeli atau oleh petani diketahui Koperasi 3 M. Belakangan pembayaran nunggak mencapai Rp 340 juta. Sejauh ini petani tahunya koperasi tersebut merupakan bawaan di DPPKP Kabupaten Bantul. (Roy)

BERITA REKOMENDASI