Berkonsep Budaya Film ‘Jemparingan’ Segera Digarap 

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Proses penggarapan film pendek berjudul ‘Jemparingan’ ditandai dengan syukuran di Graha Gandung Pardiman Center (GPC)  Numpukan Karangtengah Kapanewon Imogiri. Eloknya lagi, film berdurasi sekitar 20 menit  tersebut dibiayai secara mandiri. Empat nilai yang terkandung dalam budaya jemparingan sesuai wasiat Sri Sultan Hamengku Buwono I mencoba diangkat kembali.
“Memang dari pembuatan film ini tujuan kita itu adalah mengangkat budaya. Salah satunya yaitu budaya jemparingan,  jadi dalam sejarah jemparingan itu kan ada empat nilai penting yang bisa dijadikan pondasi kuat dalam kehidupan ini,” ujar  Produser Film ‘Jemparingan’,  Yudhi Kurniawan di sela acara, Minggu (5/12/2021).
Dalam acara tersebut dilalukan potong tumpeng oleh anggota DPR RI,  Drs HM Gandung Pardiman MM. Dalam acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Bantul,  H Suryono SE SM, Arny Tyas Palupi.
Film yang disutradarai Septin Prahoro digarap all out dengan melibatkan 100 orang. Oleh karena itu, meskipun bersifat mandiri film tersebut sarat nilai dalam kehidupan. Dijelaskan,  esensi dalam budaya jemparingan ialah punya spirit kuat untuk dijadikan pondasi untuk hal positif.
“Dalam jemparingan tersebut terkandung sebuah greget atau semangat.  Kemudian percaya diri serta rasa tanggungjawab,” ujarnya.
Tujuan dari pembuatan film tersebut sejauh ini masih sebatas memberikan informasi dan edukasi.  Dengan modal informasi dalam kemasan film dengan harapan generasi penerus bangsa  bisa menghargai nilai budaya.

BERITA REKOMENDASI