Berkunjung ke Yogya, Menhan India Mampir AAU

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan (Menhan) India, Nirmala Sitharaman berkunjung ke Akademi Angkatan Udara (AAU), Senin (22/10/2018). Ini jadi bagian dari rangkaian kunjungannya ke Yogyakarta.

"Tujuan dari kedatangan Menhan India untuk mempererat hubungan antara TNI atau Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan India. Sejak ditandatangani kebijakan pada 2005 antara Indonesia dan India, kedua negara terus menjaga hubungan bilateral, regional maupun global," ujar Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah SE MM disela kegiatan.

Hubungan bilateral ini, lanjutnya, tentu sebagai langkah dalam menjaga stabilitas keamanan. Bahkan isu keamanan yakni Sea Lane Of Communications (SLOCS) dan perang terhadap ancaman non-traditional di Selat Malaka dan Laut India menjadi fokus kerjasama pertahanan dan keamanan nasional kedua negara saat ini.

Pada kesempatan ini, Gubernur AAU juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah India atas bantuan yang diberikan saat musibah gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala. "Ini merupakan wujud nyata juga komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerjasama yang sudah lama terjalin, bahkan sejak kedua negara belum merdeka," tandas Marsda Tatang. (Adk)

BERITA REKOMENDASI