Bersihkan Kali Gawe, Angkat Potensi Desa

BANTUL (KRjogja.com) – Ratusan warga di Kembangsari Srimartani Piyungan Bantul menggelar aksi bersih sungai di Kali Gawe, Minggu (21/08/2016). Aksi yang baru pertama kali digelar secara serentak ini sekaligus untuk membangkitkan berbagai potensi Kali Gawe yang dapat dioptimalkan.

Selama ini Kali Gawe masih sebatas dimanfaatkan warga untuk sekadar menyalurkan hobi memancing serta aktivitas cuci kakus. Padahal ketersediaan air yang selalu mengalir menyimpan banyak potensi. Terutama sebagai sarana outbond maupun permainan air yang bisa mengundang pengunjung. "Baru kali ini bersih-bersih kali bisa diikuti seluruh elemen warga mulai dari anak-anak sampai orangtua. Semoga bisa menjadi agenda rutin agar Kali Gawe semakin bersih dan menarik," aku Kadus Kembangsari Ahmad Mujab Isnadi.

Diakuinya, jika kebersihan bisa terjaga maka kecintaan warga terhadap sungai dapat terpupuk. Apalagi Kali Gawe hingga saat ini masih alami karena sempadan masih dipertahankan. Perilaku masyarakat yang membuang sampah ke sungai pun sudah sangat berkurang.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jika potensinya dapat dikembangkan maka Kali Gawe bisa menjadi daya tarik baru. Mengingat Dusun Kembangsari kini sebagai alternatif menuju obyek wisata Bukit Nglanggeran seiring pelebaran akses jalan.

Ketua Pemuda RT 04 Widodo mengatakan, sebagian besar warga di wilayahnya menggantungkan Kali Gawe guna keperluan cuci kakus. Kejernihan air di sungai tersebut juga kerap dimanfaatkan anak-anak untuk bermain bersama. "Di beberapa titik masih terdapat mata air. Makanya meski kemarau, aliran air tetap ada walau debitnya tidak besar," tandasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI