Bersihkan Pantai Parangkusumo, Relawan ‘Amankan’ 75 Karung Sampah

BANTUL, KRJOGJA.com – Cuaca gerimis tak menyurutkan semangat relawan untuk memungut sampah di Pantai Parangkusumo, Minggu (24/03/2019). Bahkan, di bawah rintikkan hujan yang terus mengguyur itu mereka berhasil mengumpulkan 75 karung sampah.

"Sampah yang kami pungut adalah yang anorganik, sedangkan ranting-ranting kami satukan saja. Kira-kira 75 karung sampah tapi kemudian kami pindahkan ke karung yang lebih besar," tutur Koordinator kegiatan Andreas Bagas Wicaksono (21) kepada KRjogja.com usai kegiatan.

Andreas menambahkan, aksi bersih pantai ini merupakan serangkaian kegiatan Siaga Nusantara yang diinisiasi Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara 2018. Runtutan kegiatannya sendiri sudah berlangsung sejak awal bulan Maret dengan kolaborasi bersama Garduaction dan Komunitas Buku Berbagi.

"Rangkaian kegiatannya sudah berlangsung sejak awal bulan. Setiap minggu itu ada topiknya sendiri dan minggu ini kami melakukan gerakan bersih pantai," imbuhnya.

Usai melakukan aksi  bersih pantai tersebut, puluhan karung sampah kemudian dipilah dan dikelola bersama Garduaction. Menurut Andreas, setidaknya ada 97 relawan dari berbagai perguruan tinggi dan komunitas yang mendaftarkan menjadi relawan.

"Bersih pantai ini kami juga melibatkan adik-adik Komunitas Buku Berbagi supaya dapat menggali lebih dalam kepekaan anak terhadap lingkungan alam," pungkasnya. (KRA-01)

BERITA REKOMENDASI