Besok, Merti Dusun Tlacap-Grojokan

SLEMAN (KRjogja.com) – Masyarakat Dusun Tlacap-Grojogan Desa Pandowoharjo Kecamatan Sleman akan menyelenggarakan Merti Dusun. Kegiatan rencananya akan berlangsung selama sembilan hari, mulai Kamis-Sabtu (1-10/09/2016) nanti.

Sejumlah agenda budaya siap memeriahkan kegiatan yang baru sekali dibuat besar-besaran tersebut. Mulai dari Upacara Adat Tedun, Pemilihan Dimas Diajeng Desa Pandowoharjo hingga atraksi seni lainnya. Tak ketinggalan penamana pohon di Daerah Aliran Sungai dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Ketua Umum Aditya Noor SN mengatakan, kegiatan ini  merupakan wujud syukur masyarakat kepada Tuhan. Selain itu juga sebagai bentuk pelestarian dan pengenalan budaya lokal dan menghormati para pendahulu yang pernah menyelenggarakan event serupa.

"Kita masukkan unsur kompetisi juga disana. Seperti lomba mewarnai dan pemilihan Dimas Diajeng untuk pertama kalinya," katanya dalam jumpa pers di Angkringan Joglo, Rabu (31/08/2016).

Menurutnya, ada salah satu upacara adat yang sekarang ini sudah banyak ditinggalkan. Yakni, upacara Tedun yang zaman dulu diselenggarakan sehari setelah masa tanam padi. "Beda dengan upacara wiwit yang ada ritualnya. Disini nantinya hanya ada prosesi doa dan tembang saja. Selanjutnya ada pembagian 500-600 jenang sungsum kepada masyarakat yang hadir," ujarnya. (Awh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI