Bintek dan Tukar Pengalaman, Asman Toga Menur Dikunjungi 27 Puskesmas

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga ) Menur Padokan Lor Tirtonirmolo Kasihan Bantul menerima kunjungan dan pembinaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Selasa (7/6/2022).
Kunjungan tersebut dalam rangka bimbingan teknik Asman Toga dan akupressure untuk programer layanan kesehatan tradisional Puskesmas se Kabupaten Bantul.
Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Kesehatan Masyarat Dinkes Bantul dr Fauzan didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan, Karjiyem SSi T SPd MKes, Muspimkap Kasihan, perwakilan 27 Puskesmas se Bantul, pamong kalurahan dan tokoh masyarakat.
Dokter Fauzan mengungkapkan, dari kegiatan ini diharapkan dapat untuk bertukar pengalaman antar kelompok Asuhan Mandiri yang dibina oleh masing- masing Puskesmas, sehingga bisa lebih maju dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, serta mewariskan budaya bangsa Indonesia.
Menurut dr Fauzan, salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah pendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatannya, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri, melalui kemampuan Asuhan Mandiri. Dasar hukumnya yakni PP No 103 Tahun 2014 serta Permenkes No 9 Tahun 2016.

BERITA REKOMENDASI