‘Bocah Obah’ Kampanyekan Anti Kekerasan Terhadap Anak

BANTUL (KRJogja.com) – Ratusan anak mengikuti parade 'Bocah Obah', Sabtu (20/08/2016) yang berlangsung di Kantor Badan dan Arsip Daerah (BPAD) Banguntapan, Janti Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Anak Nasional yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY.

Acara didukung Forum Anak Bantul, TK Lempuyang Wangi, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, TK SLB, TK Kemala Bayangkari, PAUD Teratai, MTSN LAB UIN, Rumah Impian, Panti Putri Islam, Panti Wilaso Projo, MTS 2 Yogyakarta, Rumah Singgah Anak Mandiri, dan LKSA Putra Islam.

Parade 'Bocah Obah' ditunjukan dengan anak-anak dari beragam usia, mulai dari tingkat pendidikan taman kanak-kanak hingga tingkat pendidikan akhir menyanyikan yel-yel yang mengkampanyekan. “Akhiri Kekerasan terhadap Anak”. Tidak hanya itu, mereka juga terlihat mengenakan kostum unik dan membawa atribut-atribut yang berisi tulisan-tulisan tentang curahan hati mereka.

Dalam parade tersebut, tidak hanya anak-anak dari sekolah formal yang berpartisipasi, tetapi ada juga anak-anak dari sekolah non-formal yang hadir. Salah satunya, kontingen dari Rumah Singgah Anak Mandiri yang memilih anak-anak yang bersekolah di lembaga non-formal untuk mewakili yayasan mereka. Penanggungjawab Bidang Pendidikan Rumah Singgah Anak Mandiri, Yanti (45) selaku pendamping kontingen tersebut mengaku bahwa ini merupakan bentuk perwujudan kesamaan hak.
Menurutnya, anak-anak yang mengikuti pendidikan non-formal seperti paket B dan paket C juga punya kesempatan yang sama. “Ini untuk mengapresiasi keinginan anak-anak dan turut andil. Ini merayakan hari anak, jadi, bukan cuma untuk anak-anak yang sekolah formal, anak-anak yang sekolah di non-formal juga berhak ikut,” tuturnya.

Selain parade ini, BPPM juga mengadakan talkshow yang membawa tema 'Akhiri Kekerasan terhadap Anak'  yang berlangsung di hari yang sama. Selain itu,  akan ada acara funbike yang akan menutup rangkaian perayaan  Hari Anak Nasional ini pada Minggu  (21/8/2016) pagi di Jogja Expo Center. (Nanda Ghaida)

 

BERITA REKOMENDASI