Brimob Polda DIY Gelar Vaksinasi di Karang Tengah Imogiri

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang telah melanda sejak Maret 2020 menimbulkan perlambatan ekonomi dan aktivitas masyarakat. Seiring program vaksinasi yang terus dilakukan pemerintah Indonesia, kehidupan masyarakat mulai bangkit kembali melawan pandemi Covid-19.

“Brimob berada di tengah-tengah bersama masyarakat. Beban pandemi ini sudah selayaknya dihadapi bersama. Dengan vaksinasi ini ditujukan untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh dan memutus mata rantai Covid-19,” ujar Plt Komandan Batalyon, AKP Fatika Yudha.

Vaksin dilaksanakan di Desa Karang Tengah Imogiri Bantul, Rabu (10/11/2021). Di desa ini masyarakat yang sudah divaksin baru mencapai 60%, sedangkan target pemerintah 85%. Hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang vaksin.

“Kebetulan dalam rangka HUT Brimob ke-76, kita mencoba melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mengikuti program vaksin ini, yang dilanjutkan dengan pemberian bibit pohon sebagai upaya pencegahan perubahan iklim,” ucapnya.

Fatika Yudha mengatakan jajarannya melakukan jemput bola ke rumah-rumah warga lanjut usia yang mungkin kesulitan untuk menuju lokasi tempat vaksin. Dengan menggandeng Aliansi Mahasiswa Nusantara dan nakes dari Bidokkes Polda DIY tiap-tiap warga lansia didata kemudian dilakukan vaksinasi ke rumah-rumah.

Fatika Yudha juga mengingatkan, vaksinasi merupakan bagian dari upaya untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Namun demikian cara paling utama untuk mencegah dari tertular wabah Covid-19 hanya dengan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Sementara itu Ketua Aliansi Mahasiswa Nusantara, Altingia Arie mengatakan ada hal yang lebih berbahaya dari pandemik, yaitu dampak perubahan iklim. Perubahan iklim akan memiliki dampak jangka menengah dan panjang yang lebih berdampak terhadap kehidupan manusia dan bumi.

“Upaya ini ditujukan untuk mencari celah dan mensiasati kondisi lingkungan, sekaligus tetap survive dan menjadi role model bagi masyarakat dalam konteks hidup berdampingan dengan Covid-19,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI