Brimob Polda DIY Semprot Gereja di Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Satuan Brimob Polda DIY melakukan desinveksi disejumlah geraja di Bantul. Program tersebut dilaksanakan menjelang ibadah tri hari suci secara luring. Rencananya misa tri hari suci umat kristiani atau Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu atau Minggu Paskah mulai Kamis (01/04/2021).

Penyemprotan desinvektan dilaksanakan di sejumlah geraja di Bantul yang akan menggelar misa tri hari suci. Penyemprotan dimulai di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Gereja Santo Yakobus Klodran, Gereja Salib Suci Gunung Sempu serta Gereja Santo Paulus Pringgolayan. Komandan Tim desinveksi gereja-gereja untuk wilayah Bantul dari Satuan Brimob Polda DIY, Aiptu Hartoyo mengatakan, desinveksi dengan menyemprotkan cairan desinfektan kegiatan serentak di wilayah kabupaten-kota di DIY .

“Tim kita mendapatkan giliran penyemprotan desinfektan di Kabupaten Bantul,” ujarnya ditemui di Gereja HKTY Ganjuran, Selasa (31/03/2021).

Penyemprotan cairan desinfektan fokus pada tempat yang banyak dikunjungi umat, mulai dari pintu masuk, benda disekitar gereja, toilet disisi selatan gereja serta pendapa disisi selatan gereja. “Kita sebelumnya sudah koordinasi dengan panitia dari gereja, terkait tempat yang akan kita semprot cairan desinfektan,” jelasnya.

Penyemprotan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Meskipun pihak gereja tentu sudah menerapkan protokol kesehatan ketat. “Kita ingin, saudara kita yang akan menjalankan ibadah tri hari suci, aman, damai tetapi juga sehat serta bebas dari Covid-19,” jelasnya.

Sementara Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran Kapanewon Bambanglipuro Bantul, Ari Setiawan mengatakan, penyemprotan cairan desinfektan dari Satuan Brimob Polda DIY hanya diluar gereja. Sementara desinfeksi dalam gereja akan dilakukan internal gereja. Tidak hanya itu, begitu selesai menggelar misa, lingkungan gereja langsung dilakukan penyemprotan desinfektan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI