Bupati Bantul Kunjungi Warga Miskin, Siti Fatimah Terbebani Biaya Pengobatan

BANTUL, KRJOGJA.com – Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih melakukan kunjungan silaturahmi kepada warga kurang mampu, Selasa (7/12/2021). Bupati Bantul mengunjungi kediaman Ny Siti Fatimah (69) warga Miri Wetan Pendowoharjo Sewon Bantul, seorang janda yang mengalami permasalahan pada saluran pembuangan yang mengharuskan ada pembuatan lubang di bagian perut untuk pemasangan kantong kolostomi.

Kondisi tersebut sudah dialami Ny Siti Fatimah sejak tahun 2014 dan Ny Siti Fatimah sehari- harinya tinggal bersama adiknya, karena suami sudah meninggal dunia dan anak-anaknya bekerja di luar daerah. Beban hidup Ny Siti Fatimah diperparah dengan besarnya beaya yang harus dikeluarkan untuk pengadaan kantong kolostomi yang tiap hari membutuhkan kantong yang harganya mencapai Rp 50 ribu per kantong.

Dalam asesmennya Bupati Bantul menyampaikan niat untuk mengurangi beban Ny Siti Fatimah. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait, pemerintah kalurahan dan pemerintah kapanewon. Utamanya di Kapanewon Sewon memiliki inovasi yang bernama Madu Manis dimana program ini merupakan inovasi untuk penanggulangan masalah kemiskinan yang melibatkan masyarakat secara langsung.

“Intinya Bu Siti Fatimah tidak perlu tepot-repot lagi karena nanti akan dibantu melalui beberapa fasilitas yang ada di desa dan pememerintah, juga Baznas dan masyarakat sekitar,” ujar Bupati Bantul.

Kunjungan Bupati Bantul dilanjutkan ke kediaman Ny Paliyem (70) di Srihardono Pondong. Ia adalah korban kenakalan anak yang nekat menjual semua perabot rumah tangga milik orang tuanya sehingga Ny Paliyem yang sudah janda tak punya apa-apa lagi. Kepada Ny Paliyem Bupati akan mengupayakan bantuan berupa peralatan dapur, tempar tidur dan peralatan lainnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI