Bupati Bantul Resmikan Masjid Al Iqbal Kalangan Baturetno

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih, meresmikan Masjid Al Iqbal di Kalangan Baturetno Banguntapan Bantul, Sabtu malam (10/4). Masjid tersebut memiliki luas bangunan 700 meter persegi dan menghabiskan dana Rp 2,7 miliar.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan membuka kiswah atau kain penutup
miniatur pintu ka’bah. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan donasi digital melalui QRIS.

Halim menekankan, masjid bukan hanya untuk sarana ibadah. Tetapi juga untuk sarana pengembangan ilmu melalui ta’lim.”Dengan demikian, diharapkan umat memiliki pemahaman yang benar tentang Islam.
Bahwa perbedaan merupakan sunatulaah dan toleransi adalah ajaran Rosulullah. Maka dari masjid perlu dibangun tatanan sosial sesuai dengan pemahaman Islam yang benar,” papar Bupati Bantul.

Ketua pelaksana pembangunan Masjid Al Iqbal, Ir Setyo Harwanto menjelaskan, masjid tersebut direnovasi menggunakan konsep Masjid Nabawi . Baik dari sisi arsitektur maupun asesorisnya.

“Kami menggabungkan konsep kenyamanan dalam beribadah dan keindahan secara penampilan. Maka dengan menghabiskan dana Rp 2,7 miliar dengan luas bangunan 700 meter persegi ini bisa menjadi masjid kebanggaan jamaah,” ungkap Setyo.

Masjid Al Iqbal awalnya dibangun tahun 1999 dengan luas bangunan 371 meter persegi dibangun diatas tanah wakaf 406 meter persegi. Tahun 2018 dilakukan perluasan pembangunan dengan menggunakan tanah wakaf seluas 148 meter persegi dari keluarga Totok Daryanto. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI