Bupati Bantul Serahkan KTP SMA/ SMK dan Luncurkan Pelajar Agen Dukcapil

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menyerahkan KTP Elektronik Pelajar SMA/SMK dan peluncuran pelajar sahabat Dukcapil di komplek SMKN 2 Sewon. Selasa (5/4). Kegiatan ini merupakan kerjasama Disdukcapil Bantul dengan Disdikpora DIY, Balai Dikmen Bantul dan seluruh sekolah SMA, SMK dan MA se Bantul.

Bupati Bantul menekankan, pemberian KTP menjadi hal yang penting bagi warga NKRI, karena dengan mempunyai KTP bisa memperoleh hak-haknya. Pemberian KTP juga merupakan kewajiban pemerintah dan menerima KTP merupakan hak konstitusional setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun.

Dengan pemberian KTP tersebut, maka akan muncul peran partisipasi dan tanggungjawab, karena dalam peraturan perundang-undangan yang ada, anak yang berusia17 tahun sudah diberikan hak-hak yang lebih besar dibanding sebelumnya.

“Selain itu , dengan kepemilikan KTP siswa sekolah bisa mengurus surat- surat kependudukan yang lain , seperti SIM, NPWP dan lainnya. Sementara siswa sekolah saat ini sudah tidak asing lagi dengan smartphone dan sudah bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi . Karena itu saya berharap kepada siswa agar dapat menjadi duta atau penyambung informasi layanan digital Dukcapil kepada masyarakat, ” ungkap Bupati Bantul.

BERITA REKOMENDASI