Bupati Ganti Kerbau Korban Bom Rakitan

BANTUL (KRjogja.com) – Bardi Barto Atmojo pemilik kerbau yang mati akibat ledakan bom rakitan terlihat haru. Lelaki 63 tahun itu sama sekali tidak menyangka Bupati Bantul Drs H Suharsono memberikan uang sebesar Rp 11 juta. Uang yang diberikan orang nomor satu di Kabupaten Bantul itu setara harga kerbau yang Bardi beli akhir Agustus lalu.

“Saya tahu Pak Bupati Harsono akan datang, karena diberi tahu Pak Camat Jetis, tetapi sama sekali tidak menduga Bapak Bupati mengganti kerbau saya yang mati,” ujar warga Sawahan Desa Sumberagung Kecamatan Jetis Bantul itu.

Baca: Kerbaunya sudah seperti harta karun

Suami Ny Jumilah (54) itu sama sekali tidak menduga, Allah memberikan ganti sedemikian cepat lewat Bupati Bantul. Menurutnya, setelah hewan piaraannya mati Selasa malam lalu, fokusnya hanya ingin memelihara dua kerbaunya. “Sedih, kasihan melihat kerbau saya mati dengan cara  seperti itu, namun Pak Bupati datang ketika keluarga kami baru kena musibah,”  jelasnya.

Uang tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk membeli kerbau baru agar jumlahnya kembali tiga ekor. Menurutnya, uang dari Bupati Bantul Suharsono diluar dugaan. Pasca kejadian, pihaknya terus berdoa agar dua ekor kerbaunya tetap sehat. Sehingga bisa dijadikan tabungan untuk bisa dijual setiap saat.

Baca: Penderitaan kerbau yang mati sungguh menyentuh

Sementara Bupati Bantul Drs H Suharsono  dalam kesempatan itu juga meminta maaf kepada keluarga Bardi sebagai Bupati Bantul tidak bisa menengok langsung ketika rakyatnya terkena musibah. Bupati juga memberikan motivasi kepada Bardi agar tetap semangat memelihara kerbau.  

Ada kejadian  menarik dalam proses penyerahan uang pribadi dari bupati itu. awalnya Suharsono  membawa uang Rp 10 juta dalam amplop. Sebelum diserahkan sempat bertanya harga kerbau yang mati ketika membeli berapa. Oleh Bardi dijawab harganya Rp 11 juta. Karena amplop berisi uang Rp 10 juta sudah terlanjur diserahkan, sementara harganya Rp 11 juta.   

Seketika itu juga Suharsono mengambil dompet utuk memberikan tambahan Rp 1 juta agar genap Rp 11 juta. Dalam penyerahan itu juga dihadiri Camat Jetis Jazim Aziz, Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiyantoro SH, Dukuh Sawahan Junaidi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI