Bupati Minta Warga Bantul Teladani Spirit Kejuangan Sultan Agung

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Majlis Pinuwunan Rakyat Mataram (MPRM) menggelar doa bersama di rumah Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih Dusun Singosaren Kalurahan Wukirsari Imogiri Bantul, Kamis (19/05/2022) malam. Dalam acara ‘umbul dongo malam Jumat legen’ sekaligus pengajian menghadirkan Gus Muwafiq.

Ketua MPRM, RW Manitro Reksodipuro atau Noor Janis Langga Barana mengatakan MPRM bukan aliran, organisasi, maupun perkumpulan. Tetapi MPRM adalah majelis dimana siapapun boleh ikut berdoa bersama-sama.

“Pada malam hari ini kita memasuki putaran keenam. Artinya dalam majelis tersebut kita menceritakan kebesaran dan sejarah Sultan Agung. Termasuk ajaran-ajaran, pemerintahan sistem kebudayaan,” ujarnya.

Termasuk bagaimana hubungan antara manusia dengan alam, manusia dengan Tuhan dan manusia dan manusia. Majelis yang digelar tiap malam Jumat Legi ini juga mengasah kecerdasan spiritual melalui acara bersifat keagamaan sebagaimana Sultan Agung lakukan, seperti wirid, doa dan tahlil.

Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih mengatakan, umbul dongo malam Jumat Legi merupakan kegiatan rutin yang diprakarsai MPRM. “Majelis doa ini sudah digelar yang ke-6 diprakarsai MPRM, salah satu tujuannya ialah, mendoakan Sultan Agung Hanyokrokusumo dan meneladani spirit kejuangan Sultan Agung,” ujar Abdul Halim.

Dalam penyuwunan doa bersama untuk mendoakan para pejuang Mataram para pendiri Mataram berjuang yang memberikan peletakan dasar-dasar kebudayaan adiluhung Mataram Yogyakarta Hadiningrat. “Maka disini kita nguri-uri, salah satunya peninggalan para leluhur kita dengan membaca macapat mendoakan leluhur para arwah mereka agar diterima disisiNya. Acara ini didukung oleh pendukung inti yaitu abdi dhalem,” pungkasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI