Bupati Serahkan Bantuan Alat Pertanian

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Permasalahan dan tantangan dalam meningkatkan pembangunan pertanian ke depan semakin berat. Karena ada beberapa masalah, seperti perubahan iklim, alih fungsi lahan sawah dan masih terbatasnya sarana prasarana infrastruktur serta penerapan teknologi pertanian.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih saat melakukan penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 23 kelompok tani di Kantor Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (PPKP) Kabupaten Bantul, Kamis (29/04/2021).

Alat pertanian yang diserahkan tersebut merupakan hibah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY tahun 2021, terdiri 7 unit hand traktor besar, 9 unit power thresher multi guna, 1 unit power thresher mobil dan 6 unit pompa air. Seluruhnya senilai Rp 509.400.000 berasal dari APBD DIY dan APBN.

Menurut bupati, penggunaan alat mesin dalam pertanian sudah tidak bisa diabaikan. Salah satu ciri pertanian modern adalah menggunakan alat mesin pertanian, dari hulu hingga hilir.

“Dengan cara ini, peningkatan produksi bisa dilakukan , karena alat mesin pertanian mampu menekan kerugian dan juga membuat pertanian menjadi efesien,” ungkap Bupati Bantul.

Karena itu, bupati berpesan kepada para petani penerima hibah. “Alat ini diberikan tidak gratis, dalam artian ada targetnya. Targetnya, yakni produksi para kadang tani harus meningkat,” tambah Bupati.

Juga dijelaskan bahwa alat mesin pertanian tersebut diberikan bukan digunakan untuk pribadi, tetapi untuk kelompok dan harus dikelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan. Kepala Dinas PPKP Bantul Yus Warseno SPi MSc menambahkan, dengan bantuan alat pertanian ini diharapkan mampu menarik generasi muda untuk terjun dalam bidang pertanian sekaligus mengatasi permasalahan ketersediaan tenaga kerja. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI