Bupati Tinjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ternak merupakan salah satu dari sektor pertanian , sementara sektor pertanian menjadi sektor unggulan di Kabupaten Bantul. Maka Pemerintah memiliki rencana jauh ke depan, untuk mengembangkan sektor pertanian yang lebih produktif berjalan dengan efektif dan efisien.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih saat meninjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo di Pedukuhan Ngentak Poncosari Srandakan Bantul, Senin (06/09/2021). Menurut Bupati Bantul, produksi ternak merupakan sebuah aktivitas ekonomi dan tentu saja harus berjalan dengan efektif dan efisien. Sehingga ekonomi para peternak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik.

Kelompok Ternak Pandan Mulyo sudah berdiri sejak lama dan termasuk kelompok ternak yang besar di Bantul. Karena itu kelompok ternak ini diharapkan bisa menjamin kesejahteraan para peternaknya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bantul membantu mesin Chopper yang bermanfaat untuk mencacah rumput, agar waktu proses pemberian pakan bagi hewan ternak bisa dilakukan lebih cepat. “Dengan adanya mesin ini diharapkan produktifitas ternaknya di kelompok ini semakin baik dan bisa menekan biaya yang dikeluarkan, baik berupa uang maupun waktu,” pungkasnya.

Sementara ketua Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Jumadi melaporkan, kelompok ternak ini sudah berdiri sejak 1994. Saat ini jumlah kandangnya ada 120 kandang dan beranggota 160 orang petani. Sedangkan populasi sapinya sebanyak 295 ekor.

“Jumlah sapi di kandang kelompok ini sewaktu-waktu bisa berubah karena ada beberapa sapi yang melahirkan maupun dijual,” jelas Jumadi.

Penjualan sapi oleh pemiliknya pada umumnya memanfaatkan waktu menjelang Iduh Adha sehingga harganya lebih menguntungkan dibanding bulan lainnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI