Bus Wisata ke Mangunan akan Dibatasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Memasuki libur Tahun Baru 2019, sejumlah objek wisata di DIY akan dipadati wisatawan. Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda DIY menerapkan regulasi di beberapa akses jalur wisata. Khususnya yang memiliki jalur yang curam dan berbahaya bagi kendaraan seperti bus wisatawan, salah satunya pembatasan bus wisata ke Mangunan Bantul.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, pembatasan ini karena akses jalan yang cukup curam menuju objek wisata Mangunan Dlingo Bantul. Sehingga jika kendaraan wisatawan mulai memadati jalur tersebut, anggota kepolisian di lapangan akan selektif.

”Untuk ke Mangunan agak terkendala karena terlalu curam. Beberapa kejadian sebelumnya juga terjadi kecelakaan di sana. Jadi nanti sifatnya akan selektif, tidak semua kendaraan masuk ke sana. Jika terlalu padat, nanti dialihkan,” terang Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo, menambahkan selama musim liburan tahun ini pihaknya menerapkan sejumlah manajemen lalu lintas. Salah satu langkahnya dengan pemasangan papan penunjuk jalan juga rekayasa jalan. Hal ini penting karena untuk menghindari penumpukan kendaraan di pusat kota.

"Kadang ada yang sekadar melintas dan tidak bertujuan liburan di Yogyakarta. Ada beberapa jalur alternatif untuk mengalihkan arus. Seperti dari arah barat ada Jalan Prambanan – Piyungan, lalu Proliman Kalasan, dan kawasan Tempel,” imbuhnya.

Menurutnya, pemasangan papan petunjuk ini telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan baik kabupaten/kota maupun provinsi. Pemasangan dilakukan di titik strategis dan terlihat, sehingga pengendara bisa melihat sebelum mendekati jalur alternatif.

”Volume kendaraan mulai meningkat. Untuk mengantisipasi antrean dan kepadatan kendaraan ada tim pengurai. Anggotanya dari Ditlantas Polda maupun dari setiap jajaran Satlantas Polres dan Polresta,: tandasnya. (R-2)

BERITA REKOMENDASI