Calo Pegawai Harian Lepas Gentayangan, Korban Ditarik Rp 50 Juta

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dua warga Bantul harus gigit jari setelah gagal menjadi Pegawai Harian Lepas (PHL) di lingkungan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul. Padahal mereka berdua sudah menyetorkan dana masing -masing Rp 25 juta sebagai uang pangkal. Namun sampai waktu yang dijanjikan keduanya tidak juga diangkat jadi PHL.

“Ada yang bilang ke saya ada kasus itu, kemudian korban ketemu dengan saya dan saya tanyakan dan orang tersebut bilang dijanjikan menjadi PHL dilingkungan Dinas Pariwisata Bantul. Pertemuan dengan orang yang dijanjikan menjadi PHL tersebut sudah terjadi sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ujar anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kabupaten Bantul, Abu Sabikhis, Kamis (14/07/2022).

Abu mengugkapkan orang yang dijanjikan sebagai PHL tersebut akan ditempatkan di sebagai petugas di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis karena di tempat itu ramai jika bertepatan dengan liburan Lebaran. “Informasinya ada dua orang yang dijanjikan sebagai PHL, namun sekali lagi yang bertemu saya hanya satu orang, yakni orang Pundong, ” jelasnya.

Masing -masing orang yang bakal mendapat pekerjaan sebagai PHL tersebut diminta setor Rp 50 juta. “Tahap awal mereka sudah mencicil Rp 25 juta per orang. Sehingga totalnya Rp 50 juta,” imbuhnya.

Selain itu untuk memuluskan aksinya, oknum PHL yang menawarkan pekerjaan di lingkungan Dinas Pariwisata itu lewat jalur ajudan bupati. “Yang menjanjikan pekerjaaan PHL di Dinas Pariwisata itu juga oknum PHL. Dia mengklaim lewatnya ajudan bupati, tetapi ini masih satu versi korban lho” ujarnya.

Pihaknya sudah mengklarifikasi kepada kepala Dinas Pariwisata, Sekretaris Dinas Pariwista dan ajudan. “Ajudan juga bilang ke saya tidak merasa dan siap ditemukan dan saya berusaha mempertemukan,” ujarnya.

Terpisah Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Jati Bayu Broto mengatakan dipastikan tidak ada formasi baru PHL di TPR Parangtritis. “Sebanyak 22 formasi TPR sudah terisi semua,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI