Calon Independen Pilkada Gunungkidul Jadi Empat Pasang

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Menjelang penyerahan surat dukungan (Surduk) 19 Februari ini jumlah bakal calon (balon) perseorangan bertambah satu pasang menjadi 4 pasang bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Beberapa hari lalu, pasangan baru Ir Kelik Agung Nugroho-Yayuk Kristyawati sudah meminta ‘username’ dan password ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul.

Dengan demikian ada 4 pasang yang akan maju lewat jalur perseorangan atau independen. Masingmasing, Suroto-Sri Rahayu, Anton Supriyadi STSuparno SH MH, Drs Budi Utomo Prasetyo MPdSri Mulyani dan Ir Kelik Agung Nugroho- Yayuk Kristyawati. ”Sekarang ini mereka sedang mengumpulkan dukungan dari masyarakat yang penyerahan akan disampaikan 19-23 Februari,” kata Komisioner KPU Kabupaten Gnungkidul Andang Nugroho.

Untuk maju sebagai calon independen harus memenuhi syarat dukungan yakni mengumpulkan sebanyak 45.443 dukungan berupa KTP elektronik (eKTP) atau 7,5 persen dari jumlah pemilih. Dukungan e-kartu tanda penduduk (KTP) mesti dilengkapi surat pernyataan masing-masing pendukung.

Dukungan tersebut mesti tersebar minimal untuk 10 kecamatan di Gunungkidul. Surat dukungan nantinya akan diverifikasi oleh petugas dari Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul.

Sehubungan hal tersebut sebaiknya calon mengumpulkan jumlah dukungan di atas jumlah yang ditentukan, agar ketika ada yang gugur masih ada cadangan. ”Dalam pemilu sebelumnya tidak dilengkapi surat pernyataan, sehingga dokumennya lebih banyak sekarang,” tambahnya.

Penyerahan surat dukungan jadwalnya hanya tiga hari, setelah itu akan diperiksa dulu terpenuhi tidaknya jumlah minimal dukungan 45.443 KTP dan tersebar sepuluh kecamatan. Apabila terpenuhi akan dilanjutkan untuk verifikasi vertual. Tetapi jika tidak terpenuhi akan dikembalikan.

Verifikasi vertual akan dijadwalkan 26 Maret sampai 15 April 2020. ”Tahapan pilkada sekarang baru rekrutmen badan adhoc PPK dan persiapan pembukaan untuk PPS bulan depan,” ujarnya. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI