Canangkan Desa Sadar Kerukunan, Menteri Agama: Sing Waras Aja Ngalah

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Menteri Agama RI ,KH Yaqut Cholil Qoumas mencanangkan Kalurahan  Pendowoharjo Sewon Bantul sebagai Desa Sadar Kerukunan, sekaligus melounching Pojok Wakaf Uang Digital.
Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama RI, didampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Kakanwil Kemenag DIY Dr H Masmin Afif MAg maupun Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih di Pendapa Pemkab Bantul, Komplek Manding Rabu (29/9/2021).
Menurut Menag , pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Pendowoharjo baru pertama kali di Indonesia.” Sungguh saya memberikan apresiasi kepada Desa Pendowoharjo Bantul. Semoga dapat menjadi inspirasi dan ditiru oleh desa lainnya di Indonesia,” tandas Menteri Agama RI.
Ditegaskan, keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia adalah keniscayaan. “Justru keberagamaan inilah yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia untuk melawan penjajah.  Indonesia dibangun atas kesepakatan pruralisme, maka tidak ada satu kelompok yang boleh mengklaim bahwa dirinya adalah orang yang paling menang. Jadi negeri ini milik kita bersama, ” papar Menteri Agama.
Menag juga mengingatkan, tanggung jawab kelompok besar untuk melindungi yang kecil. “Semakin banyak jumlah kita, maka punya kewajiban untuk melindungi yang sedikit. Makanya kalau dulu orang berkata, Sing waras ngalah sekarang Sing waras aja ngalah,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI