Canangkan Desa Siaga Covid-19, Organisasi Kesehatan Bantu APD dan Sembako

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Forum Komunikasi Organisasi Kesehatan DIY terus melakukan Gerakan Bersama Melawan Corona dengan memberikan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) untuk 28 RS Rujukan, membagi 300 paket sembako untuk warga terdampak, serta mencanangkan RT 34 Warungboto Umbulharjo sebagai Desa Siaga Covid-19, Rabu (20/5) di Kantor IDI Wilayah Yogyakarta. Perumahan The Garden Blok I no A Plumbon, Banguntapan, Bantul.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY, dr Joko Murdiyanto SpAn didampingi Ketua Satgas Covid 19 dr Tri Wijaya, dan belasan Ketua Organisasi Profesi Kesehatan wilayah DIY yaitu PDGI (dokter gigi), IBI (bidan), PPNI (perawat), ISHPE (Apoteker/farmasi) PAEI, PTGMI, PPKMI, PERSAGI (ahli Gizi), PAFI, IIDI, PTPDI juga menyerukan masyarakat DIY untuk komitmen bersama senantiasa melakukan perilaku hidup baik dan sehat (PHBS) dengan 5M+Doa

“Mengurangi aktifitas di luar rumah, menggunakan masker setiap keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menghlndari keramalan dan tidak berpergian ke luar daerah, menjaga tubuh tetap bugar dengan berolah raga dan berjemur kurang dan terus berdoa agar terhindar dari penularan Covid-19,” tegasnya.

Dikatakan sikap disiplin dengan menjalankan PHBS terbukti berhasil. “Seperti dilakukan Negara Taiwan yang bisa menekan menjadi angka terendah. Sementara di Indonesia ada kecenderungan naik sehingga perlu disiplin PHBS,” tegasnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI