Cara Unik Warga Jodog Perangi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Masyarakat Jodog Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak Bantul punya cara unik mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup bersih mencegah penularan Covid-19. Salah satunya adalah dengan melakukan gerakan gentongisasi untuk cuci tangan. Sosialisasi gerakan cuci tangan diwujudkan dengan membuat gentong raksasa setinggi lebih tiga meter disimpang tiga Jodog.

Dukuh Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bayu Yunarko didampingi Ketua RT 04 l, RT 04, Hery Kurniantoro mengatakan, gerakan gentongisasi sebagai cara mengembalikan budaya lama. Karena zaman dahulu ada gentong yang diletakkan depan rumah. Gentong itu berfungsi sebagai tempat air digunakan warga sebelum masuk rumah.

“Tradisi gentong didepan rumah sudah lama. Kami coba hidupkan kembali. Sekarang terdapat 154 gentong yang tersebar di 6 RT di wilayah kami,” ujarnya. Tidak hanya itu, pihaknya juga memasang gentong raksasa di depan jalan masuk desa. Gentong raksasa berukuran 3×4 meter itu sebagai upaya untuk mengingatkan warga untuk cuci tangan, sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

“Kami mengimbau warga menerapkan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI