Cargo Rasa Hotel, Produk UMKM Semakin Murah Terbang ke Luar Negeri

BANTUL, KRJOGJA.com – Prinsip perhotelan yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan ternyata kini tak hanya dinikmati manusia. Barang-barang logistik yang tengah menunggu tiba di pintu rumah pemesan pun kini bisa menikmati layanan bak di kamar hotel saat berada di gudang logistik center milik salah satu perusahaan swasta MSA Cargo yang berada di Jl Brawijaya Gonjen Tamantirto Kasihan Bantul. 

Gandhi Yudi Widodo, Regional Manager MSA Cargo Joglosemar mengungkap di gudang baru seluas 216 meter persegi tersebut pihaknya sengaja menggunakan bahan-bahan berkualitas baik bangunan maupun peralatan pengepakan. Hal tersebut menurut dia untuk memastikan keamanan dan terjaganya kualitas barang yang hendak dikirimkan. 

“Kapasitas gudang baru ini 2 kontainer sehingga cukup luas. Perlakuan pada barang sangat safety, secure karena dilengkapi CCTV dan teknologi terbaru. Kami juga punya divisi khusus untuk packaging sehingga dipastikan barang yang akan dikirim berkualitas standar ekspor,” ungkapnya di sela peresmian Jumat (9/8/2019) siang. 

Sekilas, gudang cargo tersebut seperti ruang pamer di galeri seni dengan pencahayaan apik. Tak heran bila kemudian pengelola menyebutnya sebagai hotel bagi barang-barang yang hendak dikirimkan. 

Adanya bandara baru di Temon Kulon Progo dinilai menjadi salah satu faktor pendukung perkembangan distribusi barang masuk dan keluar dari DIY. UMKM pun kini memiliki kesempatan besar untuk menerbangkan produk ke luar negeri dengan lebih cepat dan murah. 

“Yogyakarta ini mayoritas barang yang dikirim ke luar negeri meliputi handycraft, furniture dan tekstil. Mereka butuh gudang untuk menyimpan sebelum dikirim agar memastikan kualitas barangnya terjaga dan harga kirim bisa ditekan. Secara khusus kami ingin berkontribusi banyak bagi UMKM, kita mendukung UMKM berkembang. Gudang ini kami dedikasikan juga untuk membantu UMKM mengirimkan barang keluar negeri,” tandas dia. 

Sementara, hal senada disampaikan Monang Sianipar, Pendiri MSA Cargo yang menilai perkembangan produk buatan anak-anak Yogyakarta sangat baik beberapa tahun terakhir. Ekspor produk dari Yogyakarta baik ke berbagai wilayah di dalam maupun luar negeri terus mengalami peningkatan yang membuat pihaknya memutuskan membangun gudang cargo baru dengan fasilitas memadahi. 

“Apalagi ada bandara baru yang mulai beroperasi, jaraknya sekitar 40 kilometer dan sangat strategis lokasi ini. Harapan kami, UMKM DIY yang hendak mengirim barang ke manapun bisa lebih mudah dan efisien tentunya,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI