Cegah Banjir, SDA-DPUPKP Bantul Rajin Bersihkan Sampah

BANTUL, KRJOGJA.com – Meningkatnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan banyak sampah limbah keluarga, bahkan rumpun bambu maupun potongan kayu yang menyumbat sejumlah bendungan di wilayah Bantul. Terutama bendung yang berada di aliran Sungai Winongo.

Untuk antisipasi, agar tumpukan sampah tidak mengganggu kelancaran air sungai dan tidak menimbulkan banjir, Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (SDA-DPU PKP) Bantul Senin dan Selasa (14-15/12/2020)melalukan gerakan bersih sampah yang menyumbat bendungan. Yang paling banyak terjadi sumbatan sampah yakni di Bendung Mejing, Bendung Klegen, Bendung Kluwih, Bendung Merdika dan Bendung Diposari.

Kabid SDA-DPU PKP Bantul, Yitno ST MT mengemukakan, gerakan bersih sampah ini harus mengerahkan cukup banyak orang. Sedikitnya 25 orang, terdiri dari pekerja borong, petugas pengawas bendung dan UPT. Karena tenaga kerjanya terbatas maka harus dikerajakan secara bergantian.”Yang banyak mengerahkan tenaga kerja yakni di Bendung Klegen, karena tumpukan sampahnya dan rumpun bambu memenuhi sepanjang bendung,” jelas Yitno.

BERITA REKOMENDASI