Cegah Parkir ‘Nuthuk’ Wisatawan, Ini Strategi Dishub Bantul

Editor: KRjogja/Gus

KRETEK, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan Bantul berupaya memberikan edukasi kepada pengelola parkir dikawasan Pantai Parangtritis agar tarif yang dikenakan bagi pengunjung sesuai ketentuan. Komitmen tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah menjaga agar pengunjung tidak dirugikan terkait dengan biaya parkir. Sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 7 tahun 2011 tentang penyesuaian tarif retribusi khusus parkir. Sepeda motor Rp 1.000, motor besar Rp 3.000, roda empat Rp 5.000, kendaraan roda 6 Rp 10.000.

“Kami dari Dinas Perhubungan terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan Perbup tentang tarif retribusi parkir. Oleh karena itu, adanya Posko Terpadu di Parangtritis itu jika ada hal-hal yang merugikan wisatawan bisa disampaikan secara langsung ke posko tersebut,” ujar Kabid Lalulintas Dishub Bantul, Anjar Arintaka SSos MM, Senin (3/8).

Dijelaskan, pemerintah Bantul pada prinsipnya ingin membuat pengunjung pantai merasa nyaman. Jangan sampai karena penarikan retribusi parkir tidak sesuai aturan memicu wisatawan enggan berkunjung. Anjar Arintaka mengungkapkan, pemerintah daerah selama ini terus berkoordinasi dengan pengelola parkir di Parangtritis.

BERITA REKOMENDASI