Cicipi Kuliner Manca Tak Harus Keliling Dunia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk bisa menikmati beragam olahan makanan dari berbagai negara di dunia kini tak perlu harus jauh-jauh keluar negeri. Pesan inilah yang coba disampaikan dalam acara bertajuk ‘International Cultural and Culinary Festival 2018’ yang diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (20/03/2018).

Kliner dari beragam negara mulai dari Malaysia, Filiphina, Timor Leste, hingga Mesir tersaji di acara tersebut. Mahasiswa bisa mencicipi makanan tersebut secara gratis dengan mendapatkan kupon yang diberikan oleh panitia acara.

Salah satu mahasiswa pengunjung, Bima Aditya (19) mengaku terkesan dengan salah satu menu Kebab khas dari Turkmenistan. Ternyata ada perbedaan cita rasa dengan kebab yang banyak di jajakan di Indonesia. “Kalau menurut aku ini kebabnya beda kaya yang biasa aku beli di sini, selain daging nya lebih tebel juga rempahnya kerasa beda,” ungkapnya.

Seorang pengunjung lain, Muhammad Aldian yang mencicipi beberapa masakan dari negara asia tenggara mengaku tidak menemukan banyak perbedaan yang khas. Menurutnya ternyata banyak makanan khas negara lain yang tak jauh berbeda dengan kuliner Indonesia.

“Ini aku coba makanan Filipina masih mirip-mirip makanan disini. Tadi juga nyobain Ayam Kaldeirada khas Timor Leste, hampir sama opor ayam dicampur kentang rebus,” ujarnya.

Acara ini sendiri terselenggara berkat kerjasama dengan beberapa Universitas Luar Negeri yang merupakan partner UMY. Selain itu juga dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa internasional dan juga komunitas luar negeri yang ada di Yogyakarta.

Penyelenggaraan tahun ini merupakan yang keempat kalinya dan mengusung tema ‘Beauty In Diversity’. Disamping ragam kuliner, penampilan budaya dari beberapa negara juga meramaikan acara ini. Harapanya dengan Kuliner dan Seni dapat memberikan gambaran akan indahnya perbedaan.

“Seni budaya dan kuliner adalah keragaman yang dimiliki manusia. Acara ini diharapkan memberikan gambaran yang indah dari keragaman itu sendiri,” Jelas Jasmine Safitri selaku panitia acara. (Hammam Izzuddin)

BERITA REKOMENDASI