Covid-19 Meluas di Bantul, Pemudik dari Jakarta Diimbau Periksakan Diri

BANTUL, KRJOGJA.com – Merujuk data terakhir, Minggu (22/3/2020) pukul 14.30 WIB jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Korona (Covid-19) di Bantul menjadi 68 orang. Sementara itu untuk menekan penyebaran Covid-19, pemudik utamanya dari Jakarta diimbau untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau klinik terdekat sebagai antisipasi penyebaran di daerah asalnya.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, dr Sri Wahyu Joko Santoso kepada wartawan, Minggu (22/3/2020) menuturkan data jumlah pasien terlaporkan untuk kasus Covid-19 yakni ODP sebanyak 68 orang. Dari 68 orang ini 2 di antaranya menjadi pasien di Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS). Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 11 orang yang masing-masing dirawat di RSPS 8 orang, PKU Muhammadiyah Bantul 2 orang dan RS UII 1 orang. Dari 11 PDP ini satu telah dinyatakan positif.

Dokter Oki, sapaan akrab Jubir Gugus Penanganan Covid-19 Bantul ini juga meminta msyarakat bersikap bijaksana, menyikapi sebaran berita bohong atau hoaks di media sosial tentang wabah Covid-19. Jika sumber informasinya tidak jelas, lebih baik menahan diri untuk tidak ikut menyebarluaskan.

”Cukup banyak info hoaks, sampai kemarin sempat ada kabar salah satu bank pemerintah membuat sebaran tentang kecamatan tertentu yang red zone corona. Bahkan ada juga yang menyatakan salah satu kecamatan di karantina, nah itu beberapa hoaks yang kita counter,” urainya.

BERITA TERKAIT