Covid-19 Meroket, JP Ajak Rakyat Bantul Taat Prokes

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL , KRjogja.com – Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo (JP) mengatakan pegawai dilingkungan pemerintah Kabupaten Bantul, anggota DPRD Bantul harus memberikan tauladan kepada masyarakat selalu prokes. Selain itu, masyarakat harus mentaati instruksi bupati agar upaya mencegah penyebaran Covid-19 berhasil. Langkah tersebut harus dilaksanakan karena penyebaran Covid-19 di Bantul cukup tinggi.

“Kita mengajak seluruh elemen masyarakat, Bantul kita ini betul-betul sedang naik angka penderita Covid-19, lebih dari 4.000 orang harus diisolasi. Kuncinya, satu penegakan disiplin, protokol kesehatan dengan penegakan 5 m itu harus dilakukan dengan itu dapat mencegah penularan Covid 19,” ujar Joko Purnomo disela pemantuan vaksin anggota Badan Musyawarah Kalurahan Kalurahan Baturetno di Puskesmas Banguntapan 1, Rabu (30/6). Dalam kunjungan tersebut Joko Purnomo didampingi Penewu Banguntapan, Drs Fauzan Mu’arifin, Kepala Puskesmas Banguntapan 1, dr Sigit Hendro Sulistyo, Lurah Kalurahan Baturetno, Sarjaka, Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes), Drs Kurniantara MSi, Ketua Bamuskal Kalurahan Baturetno sekaligus Ketua Asosiasi Bamuskal Kabupaten Bantul Sudiyantoro.

Joko mengungkapkan, jika teman-teman Bamuskal memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Bantul. Karena Bamuskal merupkan bagian dari penyelenggara pemerintahan kelurahan sekaligus mitra lurah.
Sehingga pemerintah Kabupaten memandang Bamuskal harus mendapatkan prioritas vaksinasi. Jumlah Bamuskal mencapai 576 dari unsur pimpinan dan anggota.

Setelah diberikan vaksin Bamuskal bisa memberikan sosialisasi, edukasi terkait dengan kegiatan gerakan prokes. Mulai dari tingkat RT sehingga bisa mempercepat proses pemulihan ataupun pencegahan penularan Covid- 19. Bamuskal harus bersinergi dengan lurah dalam rangka untuk menentukan program kegiatan khususnya 8% anggaran desa diarahkan untuk kepentingan penanggulangan Covid -19. “Bamuskal juga membantu dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi ditingkat kalurahan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI