Covid-19 Tak Kunjung Turun, Indonesia Perlu Terapkan Kebijakan On-Off

BANTUL, KRJOGJA.com – Kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia tak juga mengalami penurunan. Hal ini juga dipicu masyarakat telah lelah dan menjadi cuek untuk tidak menaati aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sementara itu puncak pandemi di Indonesia belum tercapai. Apabila Indonesia ingin kasus segera turun, Indonesia perlu menerapkan kebijakan On-Off.

“Kasus naik seiring adanya pelonggaran pembatasan akses jalan, pelonggaran penumpang transportasi umum, di bukanya kembali mall dan pusat perbelanjaan. Idealnya jika posisi kasus mulai menurun, akses mulai dibuka, kemudian terjadi lonjakan lagi, Pemkab/Pemkot di Indonesia jangan malu untuk menutup akses lagi. Kebijakan on-off harus terus dilaksanakan,” tegas Pakar Epidemologi dari Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta, Prof. dr. Hamam Hadi, M.S., Sc.D., Sp.G.K, Minggu (5/7).

Di Indonesia, imbuhnya kejadian sebenarnya mengkhawatirkan. Kasus terus meningkat dan masyarakat akhrnya menjadi cuek. Pemerintah tidak berani tegas seperti di Korea dan negara lain. Ia menuturkan, ketidakberanian terjadi karena banyak hal seperti jaga imej, stigma kepala daerah terkesan kalau melakukan PSBB dan kasus naik lagi menjadi aib.

“Kalau memang diperlukan PSBB lagi dalam geografi lingkup kecil lakukanlah. Pemerintah harus berani jangan sampai melangkah mundur karena alasan apapun,” jelas Guru Besar dari UGM ini.
Ia mengkhawatirkan Indonesia terlambat kaitan menekan laju Covid-19 seperti halnya di Brazil atau India bahkan Amerika.

BERITA REKOMENDASI