Dampak Pandemi, Kehidupan Seniman Hadapi Situasi Kompetitif

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Lahirnya banyak seniman di Yogyakarta dan munculnya pandemi Covid-19, berdampak terjadinya situasi kompetitif yang dirasa oleh para seniman sendiri. Bahkan menurut seniman kondang asal Bantul, Timbul Raharjo, seniman yang usianya mulai tua kini mulai tenggelam karena harus berkontetitif dengan seniman- seniman muda.
“Seniman yang masih menjiwai zaman bisa mengikuti dan spirit zaman itu sendiri, sehingga mampu menyesuaikan dengan digital yang cukup baik, sedangkan seniman usia 40 tahun ke atas agak keteteran untuk melayani teknologi. Makanya seniman tua mulai menghadapi kompetisi dengan seniman muda,” papar Timbul , Kamis (4/12/2021) di kediamannya Kasongan Bantul.
Menurut Timbul, selain menghadapi situasi kompetitif ,  dengan munculnya pandemi Covid-19 juga berpengaruh turunnya harga produk karya seniman.
“Sekarang tidak bisa menjual secara mahal. Artinya yang dulu pernah menjual dengan hargai mahal, sekarang cukup kompetitif. Karena selama pandemi perlu kebutuhan hidup sementara persaingan semakin banyak dan mendukung situasi yang kompetitif, ” imbuh Timbul.

BERITA REKOMENDASI