Darurat! TPST Piyungan Hampir Penuh

BANTUL, KRJOGJA.com – Antrean armada pengangkut sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Bantul perlahan terurai. Selasa (25/1/2022) pagi, deretan truk sampah yang sebelumnya berjajar di sepanjang jalan sudah tidak terlihat. Meski begitu pengelola TPST Piyungan tidak boleh berleha-leha. Lokasi pembuangan sampah yang kian menipis harus dicarikan solusi secepatnya.

“Ketika curah hujan tinggi atau hujan terus menerus pasti akan terjadi trouble karena dermaganya juga sangat sempit. Namun sekarang ini sudah tidak ada antrean, ” ujar Pengelola TPST Piyungan, Sumarwan, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, penyediaan tempat baru merupakan solusi terbaik di masa mendatang. Sehingga ketika TPST Piyungan sudah penuh, sampah dari kabupaten /kota di DIY tetap bisa melakukan bongkar muat. Sejauh ini dalam sehari TPST harus menampung gelontoran sampah dari Bantul, Kota dan Sleman kisaran 700 ton.

Sementara Pemerintah Kabupaten Bantul menempuh berbagai langkah strategi untuk mencapai target program Bantul Bersama atau Bantul Bersih Sampah tahun 2025. Program tersebut sebagai terobosan untuk mengrem volume sampah yang masuk ke TPST Piyungan.

BERITA REKOMENDASI