Daun Pandan Manjur Meredakan Demam

Editor: Ivan Aditya

DAUN Pandan memiliki aroma yang khas wangi, sehingga cocok untuk campuran jenis makanan dan minuman. Namun disamping itu ternyata punya manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, sebagai tanaman obat keluarga (toga).

Tidak jarang orang menyebutnya pandan wangi, karena baunya yang beraroma dan ternyata rebusan daun pandan punya khasiat sebagai jamu tradisional. Dalam Serat Jampi Jawi tinggalan leluhur yang berisi hampir 261 resep jamu tradisional, salah satunya menyebut manfaat daun pandan.

‘Yen sira ngalami panas tis utawa adhem panas, unjukana ramuan godhong pandan mesthi enggal waras. Semono uga yen sirahmu ngalami nyeri, puyeng bakal ilang sawise diombeni godhogan godhong pandan’. Jikalau kamu merasakan deman tinggi, minumlah ramuan daun pandan pasti segera reda. Juga ketika mengalami nyeri kepala, pusing akan hilang setelah minum ramuan atau rebusan daun pandan. Itulah sekelumit cuplikan resep Jamu Jawa dari tinggalan leluhur, yang patut untuk dilestarikan hingga kini.

Ketika seseorang mengalami demam berkepanjangan, pada umumnya ingin mengonsumsi minuman hangat. Rebusan daun pandan sangat cocok sebagai pengganti teh atau wedang jahe, akan mampu meredakan demam. Dengan mengonsumsi rebusan daun pandan secara teratur, pagi atau sore akan cepat meredakan demam yang berkepanjangan.

Demikian juga ketika mengalami nyeri kepala, puyeng dan lain sebagainya, rebusan daun pandan dipercaya cepat mengatasi gangguan tersebut. Rebusan daun pandan ternyata juga mampu menormalkan tekanan darah, rebus daun pandan secukupnya hingga airnya tinggal sedikit.

Tunggu setelah agak dingin atau suam-suam kuku, minumlah selagi hangat. Badan akan terasa enak, sakit kepala akibat darah tinggi akan berkurang.

Bagi ibu-ibu yang mengalami kram perut disaat haid, bisa mengonsumsi rebusan daun pandan. Minumlah secara teratur selagi masih hangat, nantinya akan membuat kondisi perut menjadi lebih baik.

Detok

Dengan meminum ramuan daun pandan ternyata melindungi organ-organ tubuh, terutama hati dari unsur perusak atau radikal bebas. Hal ini karena ramuan daun pandan mengandung antioksidan, sehingga mampu mengeluarkan detoks dari tubuh membuat badan lebih nyaman.

Ketika malam hari, buatlah ramuan teh daun pandan kemudian hirup aromanya kemudian diminum sampai habis. Minuman hangat ini akan membantu tubuh lebih nyaman, mudah terlelap tidur, dampaknya membuat lebih tenang dan gejala insomnia bisa hilang.

Biasanya orang yang habis menderita sakit, sulit makan. Minum ramuan rebusan daun pandan akan mengembalikan nafsu makan, juga membuat berat badan menjadi lebih ideal.

Disamping itu rebusan daun pandan juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, meski demikian harus tetap dijaga pola hidup sehat serta konsultasi dengan dokter.

Rematik bila kambuh akan membuat badan tersiksa, ambilah beberapa lembar daun pandan kemudian masukkan kedalam rebusan minyak kelapa, kemudian dioleskan di tempat yang sakit, tentu saja setelah agak dingin. Itulah beberapa khasiat rebusan daun pandan untuk kesehatan, para leluhur meyakini ‘tamba teka lara lunga’, untuk wajib kita lestarikan karena disekitar kita banyak terdapat tanaman, tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan. Meski sudah banyak obat produksi pabrik, tidak ada jeleknya ‘jamu tradisional’ tetap kita lestarikan.

Daun pandan juga dibudidaya oleh Sulistya PA warga Gamplong 4, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman sebagai tanaman obat keluarga (toga). Diatas lahan kurang lebih 200 meter persegi, ditanami berbagai tanaman buah, sayur dan toga.

Ada sembukan, brotowali, cabe Jawa, gambas. Disamping untuk mengembangkan hobi bertanam, bisa diberikan kepada teman, saudara atau masyrakat yang membutuhkan sehinga bermanfaat untuk orang lain atau ‘murakabi tumraping liyan’. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI