Desa Diminta Jangan Kanibal

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dalam pemberdayaan ekonomi, desa diminta tidak melakukan kanibal dengan desa lainnya. Desa justru diharapkan dapat bekerjasama, sehingga potensi ekonomi  masing-masing desa bisa terangkat.

Demikian dikemukakan Kepala Badan Litbang, Pendidikan, Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigasi, Ir Eko Sri Haryanto MM dalam Pembukaan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bumdes di Kantor Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta (BBLMY), Jumat (02/07/2019). Di tempat yang sama, Eko juga melakukan pelantikan pejabat di lingkungan BBLMY.

Menurut Eko, saat ini desa terus berusaha mengembangkan ekonomi desa, terlebih desa tersebut telah berdiri Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Namun demikian dalam pengembangan inovasi desa, jangan sampai mematikan usaha desa lain yang sudah tumbuh. "Yang diharapkan adalah saling kerjasama, bisa antar 5 desa sampai 20 desa," ujar Eko dihadapan peserta pelatihan dari Kabupaten Klaten dan Jombang. Tampak dalam pelatihan, Kepala BBLMY Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Erlin Chaerlinatun M dan Direktur Eksekutif IRE, Sunaji Zamroni.

Menurut Eko, salah satu kerjasama antar desa tersebut diantaranya pembangunan infrastruktur jalan. Setiap desa sepakat membangun jalan dengan kontribusi biaya masing-masing desa. Jalan yang dibangun nantinya berperan dalam mengangkat ekonomi desa.

Selain itu, antar desa dapat membangun usaha bersama, karena keterkaitan potensi yang sama dimiliki. Sehingga setiap desa bisa menopang usaha tersebut. Kerjasama lain antar desa yang bisa dilakukan diantaranya dalam penanggulangan sampah plastik, kerjasama keamanan dan lainnya.

Dalam kesempatan itu Eko mengharapkan ditingkatkannya peran serta lainnya, sehingga potensi dapat digarap. Contoh di Magelang dan Yogyakarta, peran masyarakat di sekitar masyadakat sangat besar.

Dalam kesempatan itu, Eko menegaskan bahwa ujung tombak pemerintah desa adalah para kader pemberdayaan masyarakat. Karena itu, kader punya kewajiban dalam memahamkan masyarakat, termasuk dalam kesadaran mengangkat potensi desa. (Jon)

BERITA REKOMENDASI