Desa Kalijoho Sedayu Rintis Pelayanan Publik Eduwisata

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Kalurahan Argosari, Kepanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, salah satu desa yang sedang mempersiapkan diri sebagai desa wisata. Beberapa dusun mulai menyiapkan diri terkait hal tersebut. Salah satu dusun di Desa Argosari yang ingin fokus mempersiapkan pelayanan untuk eduwisata bagi siswa sekolah adalah Padukuhan Kalijoho dengan potensi berupa kebun sayur dan buah.

Purwanti Pratiwi Purbosari MPd, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu.Pendidikan (FKIP) – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengatakan, kegiatan eduwisata adalah memanfaatkan tempat wisata sebagai sumber belajar yang menarik bagi siswa. “Siswa dapat belajar di luar ruangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik. Harapannya melalui eduwisata ini motivasi belajar siswa dapat meningkat meskipun dalam suasana pandemi,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Dijelaskan Purwanti Pratiwi, untuk merealisasikan rencana tersebut, dosen FKIP – UAD yakni Destri Ratna Ma’rifah MPd dan Purwanti Pratiwi Purbosari MPd dari program studi Pendidikan Biologi, serta Ariati Dina Puspitasari MPd dari program studi Pendidikan Fisika turut melakukan pendampingan. “Kegiatan pendampingan tersebut dilakukan sejak bulan Juni-Oktober lalu,” ucapnya.

Kegiatan berupa pendampingan pemilihan tanaman buah dan sayur sesuai dengan jenis tanah dan penyuluhan tentang eduwisata yaitu terkait persiapan eduwisata, manfaat dan pengelolaan eduwisata kepada masyarakat Desa Kalijoho dengan media poster. Kegiatan juga dibantu oleh mahasiswa Shinta Wahyu Susanti (Prodi Pendidikan Biologi), Dwi Wahyuningtyas (Prodi Pendidikan Fisika).

Menurut Destri Ratna, masyarakat dapat memanfaatkan bidang kajian dalam IPA untuk menyelenggarakan kegiatan belajar melalui adanya eduwisata sayur dan buah yang sudah dirintis di Padukuhan Kalijoho. “Kegiatan ini diarahkan untuk dapat menjadikan kebun buah dan sayur rintisan sebagai salah satu wahana belajar sambil berwisata di padukuhan. “Kami sangat berharap dapat terselenggara kegiatan edukasi di padukuhan melalui pemanfaatan kebun sayur dan buah di masa yang akan datang,” ujar Purwanti Pratiwi saat ditemui di Lahan Kebun Sayur dan Buah di Kalijoho, Argosari, Sedayu, Bantul. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI