Desa Wisata Nglinggo Sabet Juara 1

DLINGO, KRJOGJA.com – Grand final lomba desa/kampung  wisata tingkat DIY 2018 dipusatkan di  Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul, Senin (23/04/2018). Sebanyak enam peserta perwakilan dari kabupaten/kota di DIY berebut  juara 1 agar bisa jadi wakili di kancah nasional. Setelah dilakukan serangkaian penilaian tim juri, akhirnya  didapat pemenang dalam ajang  itu.

Juara 1-3 yakni,  Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo, Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan Bantul, Kampung Wisata Rejowinangun Kotagede Yogya. Sementara juara harapan 1 -3 yakni Desa wisata Nganggring Wonokerto Turi Sleman, Desa Wisata Tapak Tilas Sultan Agung Mangunan Dlingo Bantul serta Desa Wisata Pampang Paliyan Gunungkidul. 

Sementara yel –yel terbaik diraih Desa Wisata Nganggring. Dalam grand final itu juga dihadiri Kepala Dinas Periwisata Bantul, Drs Kwintarto Heru Prabowo SSos, Camat Dlingo Jati Bayu Broto.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan, Indonesia khusus DIY sangat kaya dengan potensi alam dan budaya. Oleh karena desa wisata mesti menangkap  peluag itu agar mampu menggerakkan potensi dimasing masing daerah.  

"Diharapkan masing-masing desa wisata mampu menangkap potensi untuk dijadikan komoditas yang mampu menarik wisatawan," ujar Aris. 

Aris menjelaskan bukan rahasia lagi kehadiran wisatawan bakal mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. Sementara juara 1 dan 2 bakal dikirim ke Jakarta untuk dikompetisikan  dilevel nasional.  “Juara 1 dan 2 akan kami kirim ke Jakarta mewakili DIY, tetapi kami dari DIY mau mengirim sebanyak-banyaknya perkara yang mau diambil juara saja, kami serahkan ke pusat ” ujar Aris.

Dengan perlombaan diyakini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan dalam negeri dan mencanegara di DIY. “Untuk tahun 2019 nanti target kunjungan wisatawan mancanegara 800 ribu,”  kata Aris. (Roy)

BERITA REKOMENDASI