Destinasi Wisata Lokal Syeh Sewu Cikal Bakal Nama Kapanewon Sewon

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Bantul mengajak istri Bupati Bantul Emi Masruroh SPd dan rombongan dari Associaton Of The Indonesian Tours & Travel Agencies ( Asita ) DIY melakukan pengenalan beberapa destinasi wisata lokal yang dikelola masyarakat di Kabupaten Bantul.
Salah satu yang dikenalkan adalah Makam Syeh Sewu dan Masjid yang namanya mengambil nama Syeh Sewu di Padukuhan Sewon Mriyan Timbulharjo Sewon Bantul.
Menurut Emi Masruroh didampingi Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Yuli Hernadi dan Panewu Sewon Hartini SIP MM, dari cerita tokoh masyarakat setempat, nama Syeh Sewu adalah cikal bakal nama Padukuhan Sewon dari kata Sewu-an yang kemudian menjadi nama Kapanewon Sewon.
Menurut para sesepuh tokoh masyarakat setempat, Syeh Sewu salah satu tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa terutama di wilayah pesisir selatan bersama Syeh Maulana Maghribi, Syeh Belabelu dan Syeh  Damiaking yang makamnya ada di wilayah Parangtritis Kretek. Sedangkan Syeh Sewu dimakamkan di wilayah Sewon.
Berawal dari pedukuhan Sewon tempat makam Syeh Sewon dulu didirikan Kantor Kawedanan (sekarang  Kapanewon) , kemudian pindah di Cabean, pindah ke Dadapan, pindah lagi ke Cabean, terakhir pindah di pedukuhan Ngijo sebagai Kantor Kapanewon hingga sekarang dengan tetap menggunakan nama Kapanewon Sewon.

BERITA REKOMENDASI