Dewan Dukung Program Budidaya Cabai Diluar Musim

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petani berusaha agar pilot projeck budidaya cabai diluar musim berhasil. Berbagai upaya ditempuh agar produksi dua komoditas sesuai target. Sementara Komisi B DPRD Bantul dan Pemda Bantul punya komitmen mensuport penuh program tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis SE mengungkapkan, jika pengembangan tanaman cabai diluar musim nantinya bakal terus disuport penuh. “Karena petani berani mengambil langkah menanam komoditas cabai diluar musim. Akhirnya kita anggarkan Rp 184 juta. Oleh karena itu, hari ini kita ingin melihat sejauh mana hasil dari anggaran yang kita gelontorkan,” ujar Wildan didampingi Forum Petani Ngrembaka Nir Sambikala Sanden, H Abdul Mukhid di Dusun Soge Sanden Srigading Sanden Bantul, Selasa (11/01/2022).

Wildan mengungkapkan, hasil monitoring komoditas diluar musim sejauh ini cukup memuaskan. Baik lokasi di persawahan 1 haktare serta 1 hektare di lahan pasir.

Wildan optimis ketika petani berani menanam cabai diluar musim nanti hasilnya bagus. “Kalau berhasil tentunya kita Komisi B DPRD Bantul akan komitemen mendukung program ini. Untuk rakyat kita siap mendukung,” ujar politisi Partai PAN tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo mengungkapkan dalam budidaya tanaman cabai diluar musim cukup berat tantangannya. Oleh karena itu pengawasan mesti dilakukan secara cermat.

Menurut Joko, sesuai perhitungan masa panen dipertengahan Februari. Bendahara Forum Petani Ngrembaka Nir Sambikala Kapanewon Sanden, H Abdul Mukhid mengatakan, pihaknya optimis 90 % bisa panen. Selain itu kondisi sekarang ini juga jauh lebih. (Roy)

BERITA REKOMENDASI