Dewan Minta Kerusakan Jembatan Jalan Imogiri – Panggang Segera Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kerusakan jembatan di Jalan Imogiri – Panggang Selopamioro semakin mengkhawatirkan. Perbaikan mendesak segera dilakukan agar kerusakan tidak meluas. Sebagaimana diketahui bagian jembatan sisi barat dan timur runtuh awal Maret lalu setelah digerus banjir.

Paska terjadi kerusakan arus kendaraan hanya satu ruas saja dengan sistem pergantian, karena cukup berisiko jika jembatan difungsikan secara normal. Oleh karena itu kendaraan roda empat harus bergantian, sedangkan roda dua bersamaan dari barat dan timur masih memungkinkan.

Anang, salah satu warga Selopamioro Imogiri Bantul sangat berharap perbaikan jembatan dilakukan secepatnya. Ruas jalan tersebut selama ini jadi tumpuan sebagian warga Gunungkidul yang berada di kawasan selatan. Mayoritas warga gunung kidul sisi selatan menjajakan hasil pertanian dan peternakan di Pasar Imogiri.

Jika jembatan tersebut sampai tidak bisa dilalui dampaknya sangat luas sekali. “Warga Gunungkidul ketika menjual hasil bumi baik pertanian, perkebunan dan kehutanan dan juga peternakan semua di Pasar Imogiri. Mereka menjadikan ruas itu sebagai jalur utama, sebaliknya banyak warga Bantul setiap hari beraktivitas di Gunungkidul lewat jalan itu,” ujar Anang.

Terpisah anggota Komisi C DPRD DIY, H Amir Syarifudin mengatakan dibangunnya jembatan Selopamioro tersebut bagian dari recovery terpenting Covid-19. Politisi PKS tersebut mengatakan jika tidak diprioritaskan, maka kerusakan semakin meluas.

“Artinya perbaikan jembatan di Selopamioro tersebut harus jadi skala prioritas. Jika sampai putus dunia pendidikan, perekonomian, komoditas pertanian, peternakan kena dampaknya. Karena harus jalan memutar dengan jarak mencapai 5 km lebih,” ujar Amir. (Roy)

BERITA REKOMENDASI