Di Banguntapan, Hujan Angin Robohkan Baliho dan Pohon

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan baliho dan pohon di tiga dusun diwilayah Banguntapan Bantul, Jumat (1/3). Dampak terparah dari peristiwa alam itu terjadi di Ring Road Timur Blok O Banguntapan. 

Disepanjang jalan, mulai simpang empat Ketandan hingga Blok O sejumlah pohon tumbang di ke tengah jalan. Bahkan tiang jaringan listrik di perempatan Blok O hampir roboh. Jalur cepat  Ring Road sempat ditutup total lantaran  batang pohon ambruk di tengah jalan.  

Jogja Hujan Angin Sore Ini, Belasan Pohon Tumbang

Lurah Desa Banguntapan Basirudin ditemui disela mengevakuasi pohon tumbang di  Ring Road Timur menjelaskan, angin kencang melanda Wonocatur, Jomblangan serta Modalan. Dari peristiwa itu belum ada laporan adanya kerusakan serius, tetapi  pihaknya masih menunggu sampai perkembangan terakhir. “Memang ada tiga dusun  dilanda hujan dan angin kencang, paling banyak pohon tumbang, termasuk tiang listrik di Blok O dan baleho di Wonocatur,” ujarnya. 

Khusus di Ring Road, kendaraan sempat macet total karena batang pohon ambruk ke tengah jalan. Demikian juga di simpang empat Blok O sempat macet lantaran kabel listrik menjuntai ke jalanan. Pengamanan simpang empat Blok O sekitar lokasi tiang listrik miring langsung dipimpin Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH.

Basirudin mengatakan, setelah ada gelegat kurang baik karena hujan dan hembusan angin datang bersamaan. Tim Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) berbagi tugas memantau wilayah. “Kami minta pohon ditepi jalan benar-benar diperhatikan, jika sudah rimbun tolong dipangkas rantingnya. Jangan seperti ini akhinya roboh di jalan raya sampai akarnya,” jelasnya.

Sedang Mantono warga Wonocatur Banguntapan Bantu mengatakan, hujan dan angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00. Siang itu  mendadak hujan diikuti hembusan angin kencang selama 30 menit. ”Hujan sangat deras sekali dan anginnya itu yang membuat baliho ini langsung roboh, demikian juga dengan pohon di kompleks perumahan TNI ini,” ujarnya. (Roy)

 

 

BERITA REKOMENDASI