Dibawah Umur Naik Kendaraan Jadi Perhatian

BANTUL, KRJOGJA.com – Satuan lalu lintas Polres Bantul menjaring 5.798 pengendara motor tidak tertib selama Operasi Zebra Progo 2018. Mereka yang melanggar langsung mendapat E –Tilang. Masyarakat diimbau tertib tidak hanya saat ada petugas atau operasi seperti sekarang ini. Namun dalam keseharian harus menjaga  ketertiban untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

“Mari kita sama sama sadar untuk tertib berlalulintas karena terjadinya kecelakaan biasanya diawali dengan pelanggaran dahulu,” ujar Kasat Lantas Polres Bantul AKP Cerryn Nova Madang Putri SH MH, Selasa (13/11/2018). Dalam Operasi Zebra Progo 2018 selama  dua pekan yang berakhir Senin (12/11/2018) sedikitnya 4.128 pengendara mendapat teguran. 

Dijelaskan, dalam operasi kali ini pelanggaran didominasi pengendara tidak mengenakan helm serta melawan arus. Meski operasi telah berakhir, petugas bakal rutin melakukan penertiban di jalan raya. Khususnya dalam rangka menghadapi operasi lilin pengamanan Natal dan Tahun Baru. 

Cerryn  mengatakan, tujuan dari kebijakan itu supaya masyarakat betul-betul tertib dan patuh dalam berlalu lintas. "Ketika masyarakat sekarang tertib, sehingga pada saat memasuki Natal dan Tahun Baru tidak terlalu berat untuk melaksanakan operasi," jelasnya.

Dalam operasi kali ini terdapat catatan yang mesti segera ditindaklanjuti diantaranya, banyaknya anak dibawah umur mengendarai motor, tidak mengenakan helm hingga melawan arus. Khusus tingginya temuan anak dibawah umur naik motor akan segera ditindaklanjuti. “Sangat membahayakan sekali, oleh karena itu peran orangtua memberikan pengertian kepada anak sangat dibutuhkan,” ujarnya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI