Diduga Selingkuh, Oknum Guru Dilaporkan

BANTUL, KRJOGJA.com – Salah satu oknum guru dari sebuah sekolah negeri di Bantul dilaporkan ke Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikpora Bantul. Pelaporan ini dilakukan oleh seorang pria yang diduga  merupakan suami dari Wanita Idaman Lain (WIL) oknum guru ini.

Kuasa hukum pelapor, Endarto Hery Purwoko SH, Selasa (17/3) menuturkan pelaporan ini berlatar belakang posisinya sebagai guru dan berstatus Aparat Sipil Negara (ASN).

“Guru merupakan seorang yang dihormati dan disegani. Namun malah melakukan tindakan asusila yakni berselingkuh dengan orangtua wali siswa yang masih berstatus istri orang lain,” jelasnya.

Ditambahkannya, ia melaporkan tindakan asusila oknum guru ini karena profesi guru itu menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sitem pendidikan Nasional), harus memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukannya sesuai dengan kpercataan yang diberikan kepadanya.

“Ini penyalahgunaan seorang guru BK dan supaya tidak ada korban lain dan tidak menyalahgunakan wewenang lebih lanjut maka ini kita laporkan,” ujarnya.

Diceritakan, perselingkuhan dua sejoli yang sama sama sudah berumahtangga itu berawal dari pertemuan saat reuni SMA dan saling curhat. Pertemuan kemudian terus berlanjut hingga hubungan terlarang itu terjalin dan akhirnya melangsungkan pernikahan siri di Magelang Jawa Tengah.

“Karena oknum guru ini adalah pegawai negeri, sehingga kalau menikah harus ada izin. Kami cek ke lembaganya tidak ada izin nikah, walaupun nikah siri,” jelas Endarto.

BERITA REKOMENDASI