Didukung 36 Ambulans, MPS-PDM Bantul Komitmen Layani Umat

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPS-PDM) Bantul menggelar silaturahmi dan konsolidasi Ambulan Muhmadiyah (AmbulanMu) se Kabupaten Bantul di Pendapa Kantor Pemkab Bantul Manding, Sabtu (30/10). Dengan dihadiri Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan jajaran Forkompimda Bantul maupun jajaran PDM Bantul.

Menurut Bupati Bantul, jumlah warga Bantul sekitar 1 juta jiwa lebih, tetapi kemampuan pemerintah Bantul dalam pelayanan ambulan di rumah sakit maupun Puskesmas sangat terbatas. “Karena itu keberadaan AmbulanMu ini jelas sangat membantu menutup kekurangan pemerintah di bidang pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Bantul.

AmbulanMu ada 36 unit tetsebar di seluruh kapanewon di Bantul , sehingga lebih menjamin adanya layanan terhadap kebutuhan ambulan bagi pasien atau warga yang membutuhkan armada mengantarkan ke rumah sakit atau ke Puskesmas.
Sementara Ketua MPD-PDM Bantul, H Sumardiman menjelaskan, data update hingga 30 Oktober 2021, jumlah AmbulanMu di Kabupaten Bantul ada di 17 Kapanewon di 23 titik AmbulanMu tersebar di Kabupaten Bantul. Total jumlah armada aktif saat ini ada 36 armada AmbulanMu dengan 110 orang driver dan crew ambulan.

Menurut Sumardiman, dana pengadaan AmbulanMu murni bersumber dari donasi jamaah Muhammadiyah melalui Lazismu masing- masing cabang. Subsidi bantuan dari AUM seperti PKU Muhammadiyah dan AUM lainnya maupun donatur lain yang tidak mengikat, sehingga terwujud 36 armada AmbulanMu.

“AmbulanMu di Bantul tercatat paling banyak di tingkat PDM se Indonesia. Ini bagian dari kiprah Muhammadiyah dalam pelayanan sosial masyarakat dan umat, sehingga AmbulanMu Bantul selalu siap bekerjasama dengan stakeholder dimanapum dan kapanpun, seperti dengan Puskesmas, BPBD , FPRB dan komunitas masyarakat,” ungkap Sumardiman.

Sementara data jumlah layanan AmbulanMu se Kabupaten Bantul periode 1 Januari hingga 30 September 2021 tercatat ada 6.329 layanan, meliputi layanan pasien non Covid maupun terpapar Covid , dalam.kota maupun luar kota yang seluruhnya senilai Rp 6.00 miliar lebih.

“Layanan AmbulanMu Bantul tidak hanya untuk umat Islam, tetapi diberikan juga kepada mayarakat yang berbeda keyakinan, karena Muhammadiyah untuk umat,” pungkas Sumardan. (Jdm)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI