Digelar Seminar dan Pembagian Hadiah Lomba

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai puncak peringatan 100 tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Disdasmen) Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Bantul mengadakan seminar dan pembagian hadiah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul, Kamis (26/12/2019).

Dalam seminar tersebut diisi langsung narasumber Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah, Hj Shoimah Kastolani. Dalam seminar dengan tema ‘Seratus Tahun TK Asiyiyah Bustanul Athfal Mempersiapkan Generasi Cerdas, Berkarakter Untuk Indonesia Berkemajuan’ diikuti  ratusan guru TK ABA se-Kabupaten Bantul.

Baca juga :

2.882 Keluarga Miskin Kota Yogya Diverifikasi Ulang
Dishub Belum Temukan Parkir Liar

"Untuk acara hari ini merupakan refleksi dalam rangka perayaan 100 tahun atau 1 abad TK ABA. Dalam kesempatan ini,  selain seminar kami serahkan hadiah dari beragam lomba yang telah kami laksanakan," ujar Ketua Panitia, Tutik Saptiningsih MPd didampingi Sekretaris Majelis Disdasmen, Dyah Hsningtyas Noviani SH kepada wartawan disela-sela acara.

Di Kabupaten Bantul, sampai saat ini jumlah TK ABA di Bantul tercatat sebanyak 151 sekolah dan 890 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan jumlah guru mencapai 1.110 orang. Jumlah tersebut terus bertambah seiring perkembangan zaman.

"Di usianya yang sudah mencapai 100 tahun ini kami berharap bisa memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Selama ini TK ABA menanamkan tiga nilai yakni iman, ilmu dan amal serta lima nilai yakni spiritualitas, kebajikan, berkemajuan, nasionalis dan perdamaian," lanjut Tutik menjelaskan.

Sementara Shoimah Kastonali mengungkapkan, selama ini guru TK dan PAUD berperan besar membentuk karakter anak. Bahkan guru TK dan PAUD menjadi idola bagi anak didiknya. Selama ini guru TK dan PAUD sabar dan telaten dalam mengajar anak-anak sehingga menjadi tonggak awal dalam menanamkan nilai budi pekerti dan sopan santun.

Untuk para pemenang lomba untuk tingkat PAUD, TK ABA Percontohan juara 1 TK ABA Al Hikmah Kretek, juara 2 TK ABA Bawuran Kecamatan Pleret, juara 3 TK ABA Gerso Kecamatan Srandakan, juara harapan 1 TK ABA Wonocatur  Banguntapan dan juara harapan 2 TK ABA Sutopadan Kasihan.

Sementara guru TK ABA berpresrasi juara 1 Mudrikah SPd dari TK Aisyiyah Pembina Banguntapan, juara 2 Isnaini Suprihatin Wiyati SPd MSi dari TK ABA Tegalayang Kecamatan Pandak dan juara 3 Rina Wihartiningsih SPd dari TK ABA Tegalsari.

Sementara untuk penulisan cerita bergambar juara 1 Santoso SAg dari TK ABA Kaligatuk, juara 2 Sugiyem SPd dari TK ABA Greso dan juara 3 Aning Dian Kinayung SPd dari TK ABA Seropan. (Usa)

BERITA REKOMENDASI