Diguyur Hujan Seharian, Bantul Terendam Banjir

YOGYA.KRJOGJA.com – Hujan yang melanda kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dalam seharian ini membuat sejumlah wilayah tergenang air, Minggu (17/3/2019). Bahkan sebagian Kabupaten Bantul ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Dari informasi yang dihimpun, Belasan rumah dilaporkan terendam banjir dikarekan hujan mengguyur wilayah DIY sejak siang tadi. Berdasarkan laporan sementara, beberapa kawasan di kabupaten Bantul yang tertimpa banjir diantaranya adalah :
Dusun Dermojurang, Kelurahan Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. Banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 Meter. Kawasan tersebut juga mengalami longsor yang menimpa permukiman warga. 
Dusun Prancak Dukuh, Kelurahan Panggungharjo, Kecamatan Sewon (Institut Seni Indonesia). Kawasan tersebut banjir menggenangi rumah warga.
Dusun Wukirsari, Imogiri. Banjir menggenangi rumah warga dan dikabarkan terdapat warga yang naik ke atas pohon. Hal tersebut dikarenakan warga belum bisa dievakuasi dari pemukiman. Ketinggian air mencapai 1,5 meter.
Jalan Imogiri Timur. Banjir meluap dari perempatan Imogiri. Banjir menggenan infrastruktur akses jalan umum.
Jalan Parangtristis, Bangunharjo dan Panggungharjo, Sewon, yang berada di sekitar Institut Seni Indonesia. Banjir menggenangi rumah Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.
Wilayah Karangtengah, Imogiri. Banjir menggenangi rumah warga.
Jalan Bantul wilayah Sewon tergenang banjir akibat hujan yang terus menerus. Dari informasi yan diperoleh tidak sedikit  kendaraan yang mogok akibat genangan air.
Akses Jalan Imogiri Timur dan Barat,  Jalan Parangtritis, Jalan Bantul  mengalami kesulitan untuk dilalui kendaraan terutama sepeda motor dan mobil akibat banjir.
Informasi sementara di Kabupaten Bantul meliputi :
1. Luapan, Selatan TPR Parangtritis
2. Luapan,  Sungai Gejuk, Sanden
3. Luapan, Sungai Belik Wonokromo
4. Longsor, Seloharjo Pundong
5. Luapan, Kali Celeng Imogiri
6. Luapan, Kedungpring
Sementara itu,  hujan yang mengguyur DIY juga dialami wilayah Kabupaten Kulon Progo pada Minggu (17/03/19).
Diantara dampak hujan hari ini: 
Kecamatan Kokap terjadi 
1. Longsor, Teganing Kokap
2. Longsor, Ds Nganti
3. Longsor, Sungapan 1
4. Longsor, Soropati
5. Longsor, Sebatang
6. Longsor, Soko Hargowilis
Kecamatan Panjatan
1. Banjir Luapan, Panjatan
2. Banjir Luapan, Krembangan
Kecamatan Wates
1. Luapan, Seputaran sungai Serang
Kecamatan Sentolo
1. Banjir Luapan, Salamrejo.
(Ive)
 

BERITA REKOMENDASI