Dinas Pariwisata DIY Gelar Vaksinasi di Objek Wisata

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan vaksinasi bagi pelaku wisata dan keluarganya serta warga masyarakat yang belum divaksin. Vaksinasi massal tersebut digelar di Grand Puri Water Park, Gabusan Jln Yogya- Parangtritis Bantul Selasa (14/9), didanai dengan Dana Keistimewaan DIY dan menyasar 1.200 orang.

” Penyelenggaraan vaksinasi massal bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif berserta keluarganya dan masyarakat sekitar lokasi wisata ini memiliki dua misi. Yakni untuk melaksanakan vaksinasi dan misi untuk promosi lokasi wisata,” ungkap Singgih didampingi Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo yang juga ketua harian Gugus Kendali Covid-19 Pemkab Bantul.
Selain itu menurut Singgih, tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan vaksinasi ini adalah percepatan cakupan vaksinasi untuk kekebalan kelompok dengan target 70-80 persen populasi telah divaksin.

Kolaborasi bersama lintas sektoral ini menurut Singgih, merupakan salah satu usaha mewujudkan DIY menuju zona hijau dan apabila pariwisata sudah diijinkan dibuka maka para pelaku wisata sudah siap dan ekonomi kembali bisa bergerak dan meningkat.

Sementara Wakil Bupati Bantul mengapresiasi kegiatan Dinas Pariwisata DIY yang melakukan terobosan vaksinasi bagi pelaku wisata di Bantul. Joko B Purnomo berharap, nantinya setelah vaksinasi di lingkungan wisata, ke depan betul-betul tidak hanya menambah imunitas. “Tapi bisa menambah keyakinan, juga semangat pelaku wisata, hingga saatnya dibuka maka dapat memberikan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul,” tegas Wakil Bupati Bantul.

Sementara data terakhir sasaran vaksinasi di Kabupaten Bantul, untuk dosis pertama telah mencapai 54,7 persen. Maka diharapkan capaian target kekebalan kelompok yaitu 75 persen sampai 80 persen populasi telah divaksin, sehingga pandemi bisa segera teratasi.

“Dengan capaian vaksinasi 75-80 persen maka herd immunity bisa tercapai, pandemi teratasi dan berubah status menjadi endemi,” pungkas Joko. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI