Dirikan 4 Posko, Polres Bantul Bersiap Hadapi Arus Mudik dan Libur Lebaran 

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA. Com – Serangkaian persiapan telah dilakukan Polres Bantul Polda DIY dalam menyambut arus mudik Lebaran Tahun 2022. Sebanyak 4 posko keamanan bakal didirikan yakni Pos Pam Klangon Sedayu, Pos Pam Srandakan, Pos Pam Piyungan serta  Pos Pam Parangtritis.
Sedang untuk mengantisipasi kemacetan menunju objek wisata  menuju Pantai Parangtritis.
Kedepan bakal diambil kebijakan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan satu jalur menuju Pantai Parangtritis dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk.
Kepala Unit Kemanan dan Keselamatan (Kamsel), Satlantas Polres Bantul Polda DIY, Ipda Ketut Reni Juliani, Selasa (19/4)  mengatakan, empat posko pengamanan dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan dan pengamanan arus mudik yang diperkirakan mengalami peningkatan.
“Khusus di Jalan Yogya -Wates serta di Srandakan Brosot Kulonprogo diperkirakan diprediksi akan terjadi lonjakan arus kendaraan  cukup tinggi. Karena ruas tersebut jadi jalur utama mudik di selatan Pulau Jawa. Selain itu, di Bandara YIA juga diprediski bakal terjadi lonjakan jumlah penumpang,” ujarnya.
Pihaknya sudah mengantisipasi adanya kegiatan pasar tiban  di Pasar Mangiran di Jalan Srandakan. Langkahnya dengan melakukan sosialisasi kepada pedagang agar tidak berjualan di bau jalan yang berpotensi jadi sumber kemacetan. Artinya titik yang berpotensi terjadi kemacetan akan kita tempatkan personil.
Khusus jalur Cino Mati menuju objek wisata di Kapanewon Dlingo cukup rawan  kendaraan ‘mlorot’ karena tidak kuat menanjak. Dari Polres Bantul akan memasang spanduk himbauan pengguna kendaraan bermotor menggunakan gigi perneling kecil. Sedang
angkutan pariwisata diimbau tidak melewati jalur tersebut. Tetapi melalui Jalan Patuk- Dlingo atau Jalan Imogiri- Mangunan Dlingo.  (Roy)
Kendaraan melintasi Jalan Imogiri-Mangunan Dlingo Bantul.
KR-Sukro Riyadi.

BERITA REKOMENDASI