Disapu Angin, Limasan Puncak Sosok Pleret Rata dengan Tanah

BANTUL, KRJOGJA.com – Hujan deras disertai hembusan angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Bantul Selasa (10/12/2019). Kali ini peristiwa tersebut terjadi di Objek Wisata Puncak Sosok Desa Bawuran Kecamatan Pleret Bantul. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Meski musibah tersebut bersamaan dengan event 'Bawuran Fest' (9- 15/12/2019)   namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya acara.  

Baca Juga: Waspada! Hujan-Angin Kencang Masih Berpeluang Terjadi di Jogja

Lurah Desa Bawuran Pleret, Harmawan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.15. Siang itu hujan disertai angin tiba-tiba melanda  Puncak Sosok. Karena hembusan angin terlalu kencang mengakibatkan genteng di bangunan limasan terangkat hingga  pada akhirnya roboh. 

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa ini, bangunan limasan ini relatif baru.  Sehingga ketika angin datang langsung mengangkat genteng di bangunan itu dan roboh," ujar Harmawan. Selain limasan yang roboh, sejumlah spot foto juga rusak,  tenda besi di bagian atas juga roboh.

Dijelaskan, dalam tiga tahun terakhir wilayahnya  kerap di terjang angin kencang. Dari pantauan KRJOGJA.com di lapangan, pada saat kejadian sedang dilakukan pemasangan keramik untuk penyelesaian akhir bangunan limasan tersebut. Sebelumnya angin kencang juga terjadi di wilayah Sewon  Bantul Minggu pekan lalu. 

Baca Juga: Hujan Disertai Angin di Sleman Dipicu Awan Cumulonimbus

Dihubungi secara terpisah Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengatakan  memasuki musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke penghujan seperti ini masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan. Jika di daerah sekitar tempat tinggal ada pohon yang relatif besar dan rimbun semestinya masyarakat bisa melakukan pemangkasan. 

"Kami berharap masyarakat Bantul yang ada di 17 kecamatan ini selalu meningkatkan kewaspadaan.  Musim peralihan ini sering terjadi bencana alam khususnya hujan yang disertai angin ini sudah terjadi di beberapa lokasi Minggu lalu terjadi di Desa Bangunharjo dan sekitarnya. Oleh karena itu mari bersama-sama meningkatkan kewaspadaan jika membutuhkan penanganan bisa menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul," ujar Suharsono.(Roy)

BERITA REKOMENDASI