Disdag Persilakan Kalurahan Bangun Pasar Unggas 

Editor: Ary B Prass

Terkait  permintaan support dari pemerintah Bantul dalam hal ini Dinas Perdagangan. Pihaknya sekedar agar difasilitasi terkait dengan regulasi atau aturan. Jangan sampai Kalurahan Sidomulyo mengambil langkah yang tidak tepat. “Kami tidak minta suport dalam wujud materi, tetapi kami hanya minta pendampingan agar tidak salah melangkah,” jelasnya.
Ketua Pokgiat  Dusun Turi Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Bambanglipuro Bantul, Sutoto mengatakan,  rencana pembangunan pasar unggas selaras dengan spirit warga  agar perekonomian tumbuh. Sutoto yakin ketika terdapat pasar unggas representatif pasar bakal cepat berkembang.
Terpisah Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul,  Drs Sukrisna Dwi Susanta MSi mengatakan Dinas Perdagangan tidak keberatan pasar unggas akan dibangun oleh pemerintah Kalurahan Sidomulyo. Selama ini pedagang unggas sifatnya arahan, artinya belum mengantongi Surat Keterangan Hak Penempatan 7 (SKHP)  seperti  seperti penjual di kios pasar. Jika kedepan pasar unggas di Pasar Turi dipindah ke Ke bekas SD Turi, lokasi lama akan dioptimalkan untuk area parkir pasar.
“Tidak melanggar aturan kalau pemerintah Kalurahan Sidomulyo ingin memanfaatkan asetnya sendiri untuk pasar unggas dan kami dari Dinas Perdagang Bantul tidak keberatan. Setidaknya kita bisa berbagi dengan desa dan masyarakat,” ujarnya.
Terkait dengan status tanah, Sukrisna mengatakan,   sebelumnya sudah melalukan  pengecekan di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul tanah bekas SD tersebut merupakan milik  Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Bambang lipuro Bantul. (Roy)

BERITA REKOMENDASI